perangkat akses internet





 4. PERANGKAT LUNAK(SOFTWERE)


1. Aplikasi Web Browser
Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.
a. Mozzila FireFox
oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine.
b. Internet Explorer (ie)
Internet Explorer pertama kali dirilis sebagai bagian dari add-on paket Plus! for Windows 95 in 1995. untuk Windows 95 pada tahun 1995 yang dikembangkan oleh Microsof.  Rilis terbaru adalah Internet Explorer 8.
c. Opera
Opera adalah Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Jika firefox punya Add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
d. Google Crome
Google Chrome adalah sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework. Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan publik adalah rilis stabil pada 11 Desember 2008.

PERANGKAT KERAS

1. Komputer
     
      Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer  yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
a. Monitor







b. Memory (RAM)



c. Processor Pentium

d. Hardisk




B. PERANGKAT KERAS PENDUKUNG UNTUK MENGAKSES INTERNET


 1. Komputer untuk server
     Komputer  server adalah komputer yang memberi layanan kepada komputer lain (computer client), karena berfungsi memberikan layanan maka pekerjaan yang dilakukan oleh server sangat banyak.
2. Komputer untuk Workstation (client)     Komputer client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan.
3. LAN Card atau NIC ( Network Interface Card )


4. HUB Konsentrator




5. Kabel   
Kabel merupakan peralatan yang berfungsi untuk menghubungkan server dengan workstation.


 


JENIS SAMBUNGAN INTERNET
    Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu downstream dan upstream. Downstream merupakan kecepatan pada saat kita mengambil data – data dari server internet ke komputer kita. Misalnya, saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain – lain. Adapun upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. Baik downstream maupun upstream memiliki satuan kecepatan transfer data yaitu bps bit per sekon. Artinya, banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya.
 


   5.Saluran – Saluran Akses Internet dan Kecepatan Aksesnya Ada beberapa cara untuk mengakses Internet, slah satu diantaranya adalah dengan menghubungkan beberapa komputer kita ke jaringan komputer yang telah terhubung dengan internet. Cara lain adalah dengan menggunakan saluran telekomunikasi yang kita miliki. Dalam hal ini kita terlebih dahulu menyiapkan perangkat kerasa dan perangkat lunak yang dibutuhkan dan menghubungi penyedia layanan internet (ISP) untuk berlanggan.

Akses Internet

Pada dasarnya, akses internet dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu akses dial up dan akses dedicated
• Akses dial up menggunakan modem (modulator demodulator) dan saluran telepon. Setiap kali pengguna akan mulai mengakses internet, pengguna akan mennghubungi nomor ISP untuk menghubungkannya dengan internet
• Akses dedicated memberikan layanan tanpa henti sehinga biayanya tidak tergantung pada lama nya pengguna mengakses internet. Pengguna akan dibebani biaya langganan yang biasanya tetap tiap bulan sesuai tarif ISP
Saluran yang bisa digunakan untuk memperoleh akses internet adalah sebagai berikut.


    Broadband     
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat
      sekaligus     nonton         tidak       berpengaruh.- Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider dan internet bisa di akses 24 jam online [ no limit ] tanpa batas. [ fix rate bulanan ] ditentukan oleh kecepatan yang diambil.- kecepatan mulai dari 384kb-3mb saat ini.



     ADSL       
 Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern.  Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan.
- Biaya cukup membayar provider internet, karena dianggap pulsa tidak berjalan, hanya pinjem kabel teleonnya saja. Sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte  yang digunakan, koneksi 24 jam online. [ Fix rate by quantity traffict ],
- Kecepatan Maximum download speed about 384 Kbps and upload speed about 64 Kbps
- hanya daerah tertentu juga yang bisa menggunakan koneksi ini.



     Wave atau Gelombang Radio
     
 
sempat berjalan namun memang tidak banyak yang menggunakannya, koneksi jenis ini adalah menggunakan sebuah modem khusus yang ditembak ke sebuah BTS juga kita sebut yang terdekat. karena menggunakan gelombang maka cuaca jelek koneksi jelek.
- Biaya cukup membayar provider, akan dipinjamkan alat khusus receivernya. [ fix rate bulanan ] unlimited use.
- kecepatan hingga 512kbs
- lokasi tertentu yang ada pemancar baru bisa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian dan perbedaan.email,mailing list,chatting,news group,ftp,tele, conference

macam2 koneksi internet

macam macam topologi jaringan